Saturday, September 23, 2017

Bikin Merinding, Inilah 5 Kisah Misteri Tempat Hiburan Ancol.

Taman Impian Jaya Ancol terkenal sebagai tempat wisata yang seru untuk menghabiskan waktu liburan di Jakarta. Banyaknya wahana bermain menjadi salah satu faktor pendukung dijadikannya Ancol sebagai tujuan favorit liburan para turis lokal maupun mancanegara. Beberapa wahana terkenal di taman yang dibangun pada tahun 1966 ini antara lain pantai, taman, dunia fantasi hingga gelanggang samudra. Namun tahukah kamu kalau dibalik kemegahan bangunan Ancol dan kemeriahan para pengunjung yang datang terselip cerita misteri yang membuat bulu kuduk merinding lho! Konon beberapa tempat yang ada di Ancol memiliki kisah mistis. Bahkan banyak warga yang percaya akan cerita-cerita mistis yang beredar di sana. Berikut ulasannya!

Wahana Arung Jeram – Konon Ada Kepala Kerbau Ditanam Tiap Tahun
Wahana Arung Jeram yang ada di Ancol ini memang dapat dimanfaatkan sebagai sarana latihan ataupun simulasi berarung jeram sebelum merasakan sensasi yang sesungguhnya di sungai yang asli. Untuk bisa menikmati wahana ini para pengunjung mesti melewati alat ukur tinggi badan, karena demi keamanan para pengunjung yang nggak memenuhi syarat tinggi badan minimal nggak diizinkan menikmati wahana ini. Hal yang mungkin jarang orang ketahui adalah bahwa wahana arung jeram di Dufan merupakan salah satu tempat yang angker di kawasan wisata itu. Disamping wahana arung jeram terdapat sebuah danau kecil yang konon dijadikan tempat menanam kepala kerbau tiap tahunnya. Ritual ini dilakukan bukan tanpa alasan, beberapa tahun silam terjadi tragedi dua pengunjung tenggelam dan jasadnya nggak ditemukan padahal kolam sudah dikuras. Sejak saat itulah dilakukan ritual penanaman kepala kerbau agar kejadian serupa nggak terulang.

Pasar Seni – Rumah Si Manis Jembatan Ancol
Masih ingat dengan film horor Si Manis Jembatan Ancol yang sempat booming di tahun 90 an? Siapa sangka kalau ide cerita itu terinspirasi dari cerita mistis di kawasan Pasar Seni Ancol ini, makanya nama figur hantu cantik itu bernama Si Manis Jembatan Ancol. Suasana mistis sudah nampak di luar pasar, dimana pasar-pasar lazimnya ramai dengan pengunjung yang berbelanja namun di pasar Seni ini nggak nampak keramaian pengunjung. Pasar terkesan sangat sepi, usut punya usut sepinya suasana pasar mulai terjadi pada tahun 2006. Hal ini disebabkan oleh sebuah kejadian yang terjadi pada tahun itu dimana ada seorang kakek yang berprofesi sebagai pelukis tiba-tiba menghilang setelah melukis wajah gadis cantik dengan sebutan Si Manis Jembata Ancol. Hingga kini keberadaan si kakek nggak pernah diketahui seolah-olah hilang ditelan bumi.


Kuburan Belanda – Banyak Penampakan Monyet Liar
Sebuah kuburan Belanda Ereveld yang berada di sisi barat Ancol dan berdampingan dengan pantai Karnaval adalah salah satunya. Menurut cerita penjaga pantai Karnaval, sering terlihat penampakan monyet yang berkeliaran di sekitar kuburan. Karena seringnya kejadian ini berlangsung maka setiap motor dan mobil yang melewati jalan di sekitar kuburan itu pada saat malam hingga menjelang subuh nggak pernah pelan, mereka selalu ngebut ketika melintasi jalan itu. Walaupun sangat menyeramkan di malam hari namun sebenarnya pemandangan di kuburan saat siang hari nggak begitu menakutkan karena kuburan-kuburan itu berjajar rapi dengan batu nisan putih bersih.


Ecopark – Ada Sesosok Wanita yang Suka Menjerit
Ecopark menjadi salah satu sudut mistis di Ancol berikutnya. Dahulu tempat ini merupakan lapangan golf dan di tempat ini pula sering terdengar sosok wanita yang menjerit. Para pengunjung juga mengatakan jika mereka sering mengalami kejadian aneh di taman ini bahkan hampir semua pengunjung dapat merasakan suasana ganjil di tempat ini. Kini pengunjung tempat ini dapat bernafas sedikit lega, setelah pihak pengelola mengubah nama lapangan golf menjadi Ecopark, suara-suara jeritan berangsur-angsur mulai hilang dan jarang sekali didengar. Dengan begitu para pengunjung dapat mendatangi tempat ini dengan perasaan aman.
Pantai Marina – Bekas Kuburan Belanda yang Angker
Pantai Marina termasuk di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol yang menjadi dermaga menuju Pulau Seribu. Selayaknya sebuah pantai, Marina memiliki pasir putih yang bersih yang menjadi tempat asik untuk bermain pasir. Namun dibalik indahnya pemandangan pantai ini ternyata nggak luput dari kisah mistisnya. Ada suatu kisah yang menjadikan pantai Marina begitu angker yaitu bukan pantainya yang sering meminta korban namun letak mistisnya berada pada bangunan hotel yang berjajar di pinggir pantai tersebut. Konon hotel-hotel yang di bangun di kawasan pantai Marina dahulunya adalah empang dan kuburan Belanda

Itulah beberapa kisah mistis yang ada disudut tempat hiburan Ancol. Apapun cerita yang beredar, sebagai pengunjung tempat wisata sebaiknya kita menyikapinya dengan bijak dan tetap menjaga perilaku sewajarnya ya.

0 comments:

Post a Comment